Posted on Leave a comment

Perbedaan Digital Printing Dengan Offset Printing

“Apa bedanya digital printing dan offset printing?”
“Yang mana yang lebih bagus?”
“Bagaimana dengan harganya?”

Mungkin itulah beberapa pertanyaan yang terlintas di pikiran Anda ketika akan berurusan dengan dunia cetak. Kami akan menjelaskan dengan bahasa yang sederhana agar Anda dapat mengerti dan tidak salah mengambil keputusan dalam memilih jasa cetak dengan digital printing atau offset printing.

Pada dasarnya perbedaan antara digital printing dan offset printing terletak pada cara mencetaknya. Digital printing menggunakan toner, atau pada mesin yang lebih besar menggunakan tinta cair. Hasil cetakan dibuat dengan mencetak langsung pada media yang tersedia baik kertas, karton maupun plastik. Sedangkan pada offset printing hasil cetakan tidak langsung dicetak pada media, melainkan dibentuk terlebih dahulu pada satu plate, yang kemudian digunakan untuk memindahkan gambarnya ke sebuah Rubber Blanket lalu barulah Rubber Blanket tersebut digulirkan pada media cetak, contohnya kertas.

Bila dibandingkan sebenarnya kedua jenis printing ini sama-sama bagus. Memang dari segi kualitas hasil cetakan mesin offset lebih unggul dalam variasi besar kertas cetakan yang bisa dipilih serta ketajaman hasil cetakan, tetapi hasil cetakan dari mesin digital printing sendiri juga tidak kalah bagus dari hasil cetakan mesin offset; perbedaan ketajaman gambarnya sulit terlihat oleh orang pada umumnya

Satu hal yang sering, bila tidak selalu ditanyakan adalah harga (tidak perlu dibantah lagi bahwa harga yang ekonomis selalu dicari oleh orang) tetapi yang manakah di antara dua jenis printing ini yang lebih ekonomis? Jawaban dari pertanyaan tersebut bergantung pada jumlah cetakan yang anda inginkan. Pada mesin digital printing harga per lembar cetakan konstan, karena proses mencetak setiap lembarnya sama. Tetapi pada mesin offset ada suatu harga minimum yang harus dibayar, yaitu harga untuk membuat plate dan rubber blanket, yang menjadi dasar cetakan offset. Karena inilah dapat dikatakan apabila cetakan yang ingin dibuat hanya sedikit contohnya 100 lembar, mesin digital lebih efisien karena tidak perlu membuat cetakan dasar. Tetapi bila ingin mencetak dalam jumlah yang lebih banyak contohnya 1000 lembar, mesin offset lebih efisien karena harga per lembarnya lebih murah dibandingkan mesin digital.

Pada akhirnya perbedaan kualitas cetakan offset dan digital tidak berbeda jauh. Hal terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah dari segi efisiensi harga. Bila mencetak dalam jumlah sedikit maka digital printing lebih efisien, sedangkan bila ingin mencetak dalam jumlah banyak maka offset printing lebih efisien. Untuk hasil cetak offset dan digital printing terbaik dengan harga kompetitif, silakanĀ menghubungi HEXA Digital Printing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *